FP UTU dan DKP Nagan Raya Siap Implementasi Program Kampus Merdeka
  • UTU News
  • 14. 01. 2021
  • 0
  • 281

MEULABOH - UTU | Bertempat di ruang rapat Fakultas Pertanian (FP) Universitas Teuku Umar (UTU) pada hari Kamis (14/01/2021) pukul 10.00 WIB, Civitas Akademika FP menyambut kedatangan Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Kabupaten Nagan Raya dan rombongan. Kehadiran Kadis DKPP Nagan Raya ini bermaksud mendiskusikan tindak lanjut atau implementasi dari kerjasama antara UTU dan Pemkab Nagan Raya. 

Dalam kesempatannya, Dekan FP UTU Ir. Yuliatul Muslimah, MP menyampaikan bahwa kerjasama antara instansi perguruan tinggi dan pemerintah daerah kabupaten sangat penting untuk dilakukan.

"Terlebih, antara UTU dan Pemkab Nagan Raya telah terjalin kerjasama yang baik selama ini, tinggal bagaimana peran kita instansi terkait dapat mengimplementasikan MoU tersebut dalam bentuk aksi nyata." Kata Yuliatul Muslimah.

Ia menambahkan, potensi Nagan Raya sangat besar dalam bidang agro and marine, khususnya dalam bidang pertanian. Maka dalam hal ini peran FP UTU sebagai perguruan tinggi sangat besar dalam upaya pembangunan dan pengembangan potensi yang ada untuk dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di Barat Selatan Aceh, khususnya Kabupaten Nagan Raya.

Sumberdaya yang melimpah tersebut akan sangat bermanfaat jika dikelola dengan baik dan benar serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. "Inilah diantara pokok pembahasan kami hari ini bersama Kadis Kelautan, Perikanan dan Pangan Nagan Raya. bagaimana kampus bisa berperan di tengah masyarakat dengan cara berkolaborasi bersama dinas lewat program-program yang di yang telah disusun." Lanjutnya.

Beberapa bentuk implementasi kerja samanya antara lain magang mahasiswa, penelitian bersama baik dengan mahasiswa maupun dosen, publikasi bersama serta penggunaan sarana untuk penelitian. Semua kegiatan itu bahagian daripada penerapan merdeka belajar kampus merdeka.

Sementara itu, Kadis DKP Pangan Nagan Raya, Drs. Uang, MM dalam pertemuan tersebut menjelaskan beberapa program kegiatan di dinas kelautan, Perikanan dan pangan Tahun 2021 yang bisa disinergikan dengan Fakultas Pertanian UTU. "Kami tertarik menjadi rekan dalam pengabdian kepada masyarakat bersama Fakultas Pertanian UTU." Jelas Ujang

Kedua pihak sepakat dalam waktu dekat ini akan segera menantangani MoA sebagai payung hukum dalam implementasi kerjasama.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Wakil Dekan 1 Chairudin, SP., M.Si, Wakil Dekan II Maya Indra Rasyid, STP., M.Si, Kaprodi Agroteknologi, Wira Hadiyanto, SP., M.Si dan beberapa dosen FP UTU. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :