FPIK UTU Gelar Kuliah Umum Tata Kelola Pelabuhan di Aceh
  • UTU News
  • 15. 09. 2021
  • 0
  • 221

MEULABOH, UTU – Universitas Teuku Umar melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan mengadakan kuliah umum dengan tema “Strategi Tata Kelola Pengembangan Pelabuhan Perikanan di Provinsi Aceh” yang dilakasanakan secara hybrid dimana untuk kegiatan secara luringnya dipusatkan di Aula Gedung Terintegrasi Universitas Teuku Umar, Selasa 14 September 2021. Kuliah Umum tersebut dibuka secara langsung oleh Dekan Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si.

Prof. M. Ali dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kampus Universitas Teuku Umar ia juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk narasumber yang bersedia menghadiri dan memberikan materi pada kuliah umum bagi mahasiswa UTU. Ia berharap semoga kegiatan tersebut bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kepada  mahasiswa.

“Kami juga mengharapkan mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan agar selalu mempunyai ketrampilan di bidang perikanan dan kelautan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan II FPIK yang juga sebagai moderator pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa materi pertama akan disampaikan oleh Dr. Iin Solihin, M.Si yang berkaitan dengan pengelolaan pelabuhan perikanan berbasis lingkungan (Ecofishing Port).

Pada kesempatan yang sama, Dr. Iin menyampaikan ada tiga tema umum yang berkelanjutan antara lain: focus pada perilaku, keterkaitan antara ekonomi dan ekologi, serta ketidakpuasan dengan gaya hidup dan perilaku manusia saat ini. Masih banyak hal lain yang dibicarakan tentang pelabuhan perikanan yang berwawasan lingkungan, penerapan konsep EcoFP, serta kondisi sanitasi dan higienitas.

Sementara itu, Dr. Mustaruddin, S.TP yang juga menjadi nara sumber menjelaskan sistem manajemen perikanan. Adapun ragam aktivitas pelabuhan perikanan: produksi IHT, perbekalan, Pengolahan, layanan jasa, legal/administrasi, layanan teknik dan pembinaan pelaku usaha.

Dr. Mustaruddin juga menerangkan berbagai macam sumberdaya kepelabuhan yang meliputi IHT dan produk lain yang didaratkan, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, perbekalan, jasa pendukung, dan fasilitas keteknikan.

Lainnya :