Mahasiswa KKN-UTU Angkatan XVI Tahun 2021 Diberi Pembekalan
  • UPT_TIK
  • 11. 01. 2021
  • 0
  • 229

MEULABOH, UTU – Pimpinan Universitas Teuku Umar (UTU) kembali ‘terjunkan’ mahasiswa ke lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa KKN angkatan XVI Tahun 2021, sebelum melakukan pengabdian ditengah-tengah masyarakat, Senin, 11 Januari 2021 diberi pembakalan yang dipusatkan di Aula Utama UTU. 

Koordinator Pusat (Korpus) KKN dan Pemagangan UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M. Kes didampingi, Sekretarisnya, Nabil Zurba, S.Pi.,M.Si menjelaskan, peserta KKN angkatan XVI ini sebanyak 43 orang, laki-laki 33 orang dan perempuan 10 orang. “Tema KKN kali ini, “Membangun Gampong”, dan pesertanya akan ditempatkan pada empat lokasi yaitu Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya dan Aceh Selatan”, sebut Nabil Zurba, Dosen FPIK-UTU, yang juga sebagai moderator pada kegiatan pembekalan peserta KKN.

Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA dalam arahannya secara virtual, berharap kepada peserta KKN agar bersungguh sungguh dalam pelaksanaan KKN ketika berada di lapangan bersama masyarakat. “Anda harus menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat, dalam keadaan pandemi seperti ini kita harus saling mendoakan sesama saudara karena dengan begitu maka mereka juga akan mendoakan keselamatan kita, salam kepada orang tua dirumah”, begitu antara lain Prof. Jasman mengharapkan.

Sementara itu, Sekretaris LPPM UTU, Herdi Susanto, ST.,MT meminta kepada calon peserta KKN agar menjaga sikap dan perilaku di desa sebagai Teuku Umar Muda dan Cut Nyak Dhien Dara, dan mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku perkuliahan ke desa.

Fitriadi, ST.,MT selaku pemateri pembekalan antara lain mengajak peserta KKN untuk menggali potensi di desa, tempat dimana mahasiswa ber-KKN, serta mengobservasi apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di desa. Disamping itu, peserta juga penting menlakukan konsultasi program-program apa yang harus diterapkan di desa tersebut, agar bermanfaat  bagi masyarakat secara lebih optimal.

Sementara itu, Koordinator Pusat (Korpus) KKN dan Pemagangan UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M. Kes yang juga sebagai pemateri pembekalan KKN menyampaikan,  program kegiatan KKN harus fokus pada konteks yang telah disusun oleh Korpus KKN, karena apabila tidak ada standar program maka Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) akan kesulitan dalam mengarahkan kegiatan mahasiswa,  akibatnya dikhawatirkan kalau tidak ada pedoman atau standar mahasiswa lebih memilih kegiatan yang praktis dan tidak terkait dengan bidang keilmuan, dan diakhir pelaksanaan KKN nantiinya akan diadakan perlombaan KKN.

Koordinator Pusat KKN dan Pemagangan UTU, pada Sabtu pagi 09 Januari 2021 bertepat diruang rapat pimpinan LPPM UTU, mengadakan acara pembekalan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan mendampingi 43 mahasiswa peserta KKN-PPM angkatan XVI Tahap I yang tersebar di empat kabupaten yaitu Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Selatan. Turut hadir pada acara ini Bpk. Rusdi Faizin (Ketua LPPM), Bpk. Herdi Susanto (sekretaris LPPM) dan panitia KKN-PPM.

Sebelumnya, Ketua Korpus KKN dan Pemagangan UTU yaitu Teungku Nih Farisni, SKM. M.Kes dalam meminta kepada DPL agar dapat membimbing mahasiswa peserta KKN-PPM untuk memiliki program utama dan program tambahan yang dapat diaplikasikan dalam pemberdayaan masyarakat. “Kami tidak ingin lagi mahasiswa dan masyarakat memiliki mindset bahwa KKN itu hanya pasang-pasang papan jalan dan mengecat fasilitas gampong yang sudah pudar, tetapi kami ingin mahsiswa dapat dikenang oleh masyarakat dengan program unggulannya disertai good manner sebagai Teuku Umar Muda dan Cut Nyak Dhien Dara”, harapa Teungku Nih Farisni yang juga Dosen FKM-UTU.

Untuk mendukung tercapainya keberhasilan program tersebut, Korpus KKN dan Pemagangan UTU, Teungku Nih Farisni mengatakan, mahasiswa KKN akan diterjunkan ke desa-desa dengan tujuan dan diberi waktu selama 4 hari untuk observasi potensi desa serta menyusun proposal program kerja dan setiap program kegiatan akan dibimbing langsung oleh DPL dan pimpinan wilayah setempat.(***)

Lainnya :