Mutu Prodi SDA Makin Baik
  • Pusat Penjaminan Mutu
  • 12. 09. 2021
  • 0
  • 327

Meulaboh-Penjamu UTU, Prodi Sumber Daya Akuatik (SDA) tengah bersiap diri menghadapi akreditasi setelah beberapa waktu lalu diganjar status akreditasi oleh asesor BAN PT yang dinilai belum "baik sekali". Dalam rangka mempersiapkan diri untuk reakreditasi ini, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) menyusun tim yang diisi oleh mayoritas dosen SDA dengan dukungan beberapa dosen luar prodi dan tenaga kependidikan. Reakreditasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan prodi SDA.

Agar peningkatan mutu prodi dapat segera diketahui, Kaprodi SDA Dr. Ananingtyas S. Darmarini, S.Pi., MP bersama tim langsung berinisiatif menyelenggarakan kegiatan workshop yang dilaksanakan sejak Hari Kamis Tanggal 9 September 2021 lalu sampai hari ini Minggu 12 September 2021 guna melakukan evaluasi kinerja tim. “Tim sudah bekerja keras, dan pada dasarnya kita sudah mencapai kemajuan yang berarti dalam menyusun (mengisi) instrumen ini, namun kami minta dikoreksi apakah isian ini sudah benar atau tidak”, jelasnya saat memandu presentasi tim LKPS dan LED di hadapan Dekanan FPIK dan disaksikan Korpus Penjaminan Mutu.

Untuk melihat kemajuan mutu tersebut maka penting melihat isian LKPS dan LED, pada hari pertama kegiatan tim LKPS menyampaikan progres yang kemudian dikritisi bersama. Beberapa data juga ditambahkan guna melengkapi data-data yang dipandang masih kurang dan belum sesuai dengan yang senyatanya. Bertindak sebagai presenter LKPS adalah Nurul Najmi, S.Kel., M.Si, bersama Kaprodi. Hari kedua dan ketiga membahas mengenai LED, dan sebagai presenter adalah M. Arif Nasution, S.Pi., M.Si bersama Athaillah, SE., M.Si. Sedangkan bertindak sebagai pencatat pembahasan adalah Heriansyah, S.Pi., M.Si.

Dalam workshop ini juga dilakukan simulasi berdasarkan matrix penilaian, dimana menghasilkan data simulasi bahwa instrumen LKPS dan LED menunjukkan angka yang menggemberikan. Meski demikian semua tim telah sepakat dan bertekat untuk terus memperbaiki serta melakukan upgrade data sampai dengan instrumennya dikirim melalui SAPTO. Berdasarkan data simulasi kemajuan mutu tersebut dapat dilihat dari angka-angka penilaian, bahkan juga dapat diketahui kelemahan-kelemahan prodi dalam melaksanakan tri dharma.

Proses simulasi singkat dalam workshop ini juga dihadiri Dekan FPIK Prof. Dr. M. Ali S., M.Si, Wadek I Dr. M. Rizal., M.Si, Wadek II Hafinuddin, S.Pi., M.Sc dan Korpus Penjaminan Mutu Triyanto, S.Sos., MA. (3)

Lainnya :