Rektor Lepas Mahasiswa KKN UTU ke Empat Daerah
  • UTU News
  • 13. 01. 2021
  • 0
  • 287

MEULABOH, UTU – Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA melepas mahasiswa UTU melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke empat lokasi dalam Wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela). Pelepasan mahasiswa yang dilakukan di Aula Utama UTU, berlangsung, Selasa, 12 Januari 2021.

Hadir pada acara pelepasan mahasiswa KKN, Ketua LPPM-PM-UTU, Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Wakil Rektor I Dr. Alfizar, Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, Sekretaris LPPM-UTU, Herdi Susanto, ST.,MT, Koordinator Pusat (Korpus) KKN dan Pemagangan UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M. Kes, para dosen dan unsur LPPM lainnya.

Prof. Jasman antara lain mengatakan, KKN merupakan kewajiban yang diberikan kepada mahasiswa, dan akan berubah menjadi pilihan mulai semester ini, boleh memilih KKN dan boleh tidak memilih KKN, itu akan diatur sesuai dengan mekanisme yang ada. Akan tetapi kalau ingin memiliki pengalaman dan pengetahuan, magang itu sangat penting.

“Kampus kita sudah menjadi kampus merdeka belajar, merdeka berpikir, dan berdeka berjuang. Silakan pilih mana mata kuliah yang terbaik, karena mahasiswa sendiri yang paling tahu yang sesuai dengan bidangnya. Mahasiswa UTU juga bisa memilih mata kuliah dimana saja pada 33 perguruan tinggi, dan dibenarkan mengambil empat mata kuliah”, ujar Prof. Jasman.

Prof. Jasman berharap kepada peserta KKN agar bersungguh sungguh dalam pelaksanaan KKN ketika berada di lapangan bersama masyarakat. “Anda harus menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat, dalam kondisi pandemi seperti ini kita harus saling mendoakan sesama saudara karena dengan begitu maka mereka juga akan mendoakan keselamatan kita, dan salamat kepada orang tua dirumah.

Koordinator Pusat (Korpus) KKN dan Pemagangan UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M. Kes didampingi, Sekretarisnya, Nabil Zurba, S.Pi.,M.Si menjelaskan, peserta KKN angkatan XVI ini sebanyak 43 orang, laki-laki 33 orang dan perempuan 10 orang. “Tema KKN kali ini, “Membangun Gampong”, dan pesertanya akan ditempatkan pada empat lokasi yaitu Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya dan Aceh Selatan”, sebut Nabil Zurba, Dosen FPIK-UTU, yang juga sebagai moderator pada kegiatan pembekalan peserta KKN.

Teungku Nih Farisni mengatakan, sebelum mahasiswa KKN berada ditengah masyarakat, jajaran LPPM telah membekali mahasiswa KKN dengan berbagai pengetahuan dan program kegiatan. Demikian juga pembekalan telah dilakukan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan mendampingi 43 mahasiswa peserta KKN-PPM angkatan XVI Tahap I yang tersebar di empat kabupaten tersebut.(***)

Komentar :

Lainnya :