Siapkan Tenant, IBT-UTU Seleksi Start-Up Bidang Agro and Marine
  • UTU News
  • 09. 10. 2019
  • 0
  • 221

MEULABOH, UTU - Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Teuku Umar (IBT-UTU) telah melakukan seleksi calon tenant pada hari senin (7/10) di Kantor IBT-UTU. Kegiatan ini diikuti sebanyak 22 kelompok wirausaha pemula di bidang agro and marine industries baik dari kalangan mahasiswa, dosen (inventor) dan masyarakat umum di Barat Selatan Aceh (Barsela).

Peserta diseleksi oleh juri handal yang diundang oleh IBT-UTU, yaitu Sigit Asmara Santa, Haitan Rahman (Keduanya Pendamping IBT dari Ristekdikti), Tekad Iman Sumarisman (Kepala Subdirektorat Lembaga Inkubator dan Intermediasi Teknologi Ristekdikti), Hafinuddin, S.Pi, M.Sc, dan Zulfirman M.Si (Universitas Teuku Umar) dan Said Rizqi Saifan, SE (Kadin Aceh Barat).

Bisnis-bisnis yang mendaftar ke IBT-UTU merupakan bisnis yang kreatif dan inovatif di bidang pertanian dan kelautan. Namun, IBT-UTU hanya memilih enam bisnis yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi start-up besar nantinya.

Adapun wirausaha pemula yang mendaftar yaitu : SAPAMI (Sabun Pala Alami), Silimeng syrup traditional Aceh drink and zero waste, TABAYANGKAN (Tabaha Loyang Ikan), COPET KAMI (Cokelat Seupeut Ikan Lumi), Tas Cina (Tas Cicin Aqua), Sirup Jahe dan Nata de Coco, Kriuk-kriuk Eungkot Kasee, Vrikiteu, Kecap ikan lele (kecap IL) , Tangan Kopi, Pikong (Kopi Singkong).

Selain itu juga ada DAKU HAND BIOLOTION, Cat-Easy (Catering Online), POC (Pupuk Cair Organik) JIMAT SAKTI, Sitrop tamiki, BISA (Biopestisida Asap Cair) dari limbah tempurung kelapa, Chocobi Stik, Cake and dessert. Lestari semprong, Sobat Security, Growin: Suplemen Pertumbuhan dan Performa Ikan Air Tawar, LEMAS (lilin lemak ikan mas) dan yang terakhir adalah Peslim.

Ketua Pusat Inovasi Kewirausahaan dan IBT-UTU, Hafinuddin, S.Pi, M.Si menyatakan sangat senang dengan antusias wirausahawan dari kalangan mahasiswa, alumni, dosen dan masyarakat umum terhadap IBT-UTU.

"Nantinya, enam wirausaha terbaik yang dipilih oleh IBT-UTU akan diinkubasi oleh IBT-UTU. Tenant yang akan diinkubasi akan terus dibimbing terkait pengelolaan keuangan, marketing, penyempurnaan produk, izin edar, matching dengan investor dan mengikut program Calon Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) dari Ristekdikti." Ucap Wakil Dekan II FPIK UTU ini. (Mursyidin/Ihsan).

Komentar :

Lainnya :