Temui Pj. Bupati Aceh Singkil, Tim Peneliti UTU Sampaikan Strategi Pencegahan dan Penurunan Stunting
  • UTU News
  • 23. 09. 2022
  • 0
  • 302

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar sangat konsisten dalam upaya kampanye pencegahan dan penurunan angka stunting di wilayah Aceh, khususnya di Barat Selatan Aceh (BARSELA). Beragam program bertemakan pencegahan stunting telah dilaksanakan dan terus diupayakan seperti melalui Liga kampus merdeka, program matching fund kedaireka, KKN Tematik pencegahan stunting dan lain-lain.

Terbaru, adalah Program studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat mendapatkan program penelitian penugasan oleh LPPM-PMP UTU, dimana lokasinya di Kabupaten Aceh Singkil dengan mengangkat judul kajian "Analisis Determinan dan Penyusunan Police Brief Percepatan Penurunan Stunting di Kab. Aceh Singkil,".

Untuk mensukseskan penelitian tersebut, pada jum'at (23/9/2022), tim dosen Prodi Gizi melakukan silaturrahmi dengan Penjabat Bupati Aceh Singkil dalam rangka penjejakan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) untuk melahirkan satu kebijakan atau Policy Brief penurunan angka stunting di kabupaten setempat.

Adapun kegiatan FGD tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada  tanggal 7 Oktober 2022 di Aula Kantor Bupati Kab. Aceh Singkil.

Tim dosen Gizi UTU disambut langsung oleh Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis, ST, DEA dan sejumlah perwakilan dari Dinas Kesehatan Aceh Singkil. Semntara tim dosen UTU dipimpin oleh Sekretaris Prodi Gizi Enda Silvia Putri,SKM.,M.Kes didampingi sejumlah dosen anggota peneliti yaitu Adelina Irmayani Lubis,SKM, MKM., Teuku Muliyadi,S.Tr.Gz., MKM., Dan Nasriyanti Syam,M.Si.

Endah mewakili tim peneliti dalam penyampaiannya mengharapkan dukungan Bupati untuk sama-sama menyusun dan melahirkan Policy Brief penanganan stunting di Aceh Singkil yang kemudiannya dapat menjadi referensi baik dalam usaha pencegahan maupun penurunan stunting.

"Sehingga policy brief yang dikeluarkan nanti bisa diterapkan di masyarakat dan mengubah pola perilaku masyarakat menjadi mampu untuk mencegah stunting," kata Endah

Sementara itu, Pj. Bupati Marthunis dalam sambutannya menyambut baik rencana kegiatan dari UTU, dan berharap adanya penelitian lanjutan untuk mendalami permasalahan stunting di tengah-tengah masyarakat.

"Kami sangat senang terhadap kehadiran para dosen dari Universitas Teuku Umar untuk satu usaha pencegahan dan penurunan angka stunting di Aceh Singkil, ini langkah awal yang patut kita dukung," kata Marthunis.

Kolaborasi penelitian lebih lanjut seperti dalam bentuk metode etnografi dan penerapan Police Brief tentu akan menambahkan manfaat yang besar bagi masyarakat Acen Singkil. (Humas UTU). 

Komentar :

Lainnya :