Webinar Prodi Gizi : Peninjauan Visi, Misi dan Kurikulum Prodi, Langkah Awal Mewujudkan Tridharma Ya
  • UTU News
  • 27. 06. 2020
  • 0
  • 186

MEULABOH - UTU | Program studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar menggelar kegiatan webinar Nasional dalam rangka meninjau visi, misi, dan kurikulum prodi yang telah disusun, Rabu (24/6/2020).

Kegiatan ini disiarkan secara live melalui zoom dan Youtube mulai pukul 08.00 s.d 13.30 WIB. webinar ini diikuti oleh sebanyak 300 peserta dari Para Stakeholder yang terdiri dari Perwakilan Bupati Aceh Barat, DPR Aceh, DPRK Aceh Barat, Seluruh SKPD Barsela, Rumah Sakit Barsela dan Sumatera, Puskesmas Barsela, Akademisi, Praktisi, Masyarakat Umum, dan Mahasiswa.

Webinar dilaksanakan untuk meninjau kembali visi, misi, dan kurikulum prodi dan kesesuai dengan visi, misi fakultas dan universitas. Selain itu, webinar dilakukan juga sebagai upaya penguatan visi, misi, dan kurikulum dalam upaya mewujudkan tridrama yang unggul dan lulusan yang berkualitas yang mampu memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah kesehatan terkhusus masalah gizi.

Hadir sebagai narasumber antara lain Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS (Guru Besar Ilmu Gizi IPB Bogor, President of Federation of Asian Nutrition Society (FANS), Ketua PERGIZI Pangan Indonesia, Ketua Umum AIPGI), Dr. Aripin Ahmad, S.Si.T, M.Kes. (Dosen Politeknik Kesehatan Aceh, Sekretaris PERGIZI Pangan Aceh, Sekretaris PERSAGI Aceh), Dr. Ns. Wirda Hayati, M.Kep, Sp. Kom. (Perwakilan TP PKK Aceh), Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si. (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Teuku Umar).

Prof. Hardinsyah dalam pemaparannya menyarankan visi, misi, dan kurikulum gizi sebaiknya sejalan dengan visi, misi fakultas dan universitas sehingga mampu mewujudkan visi dan misi UTU. Dr. Aripin Ahmad juga menyarankan sebaiknya dilakukan penyesuaian visi, misi, dan kurikulum dengan visi UTU sebagi sumber inspirasi dan referensi dibidang marine and agro industri.

Berikutnya, Dr. Wirda mengaharapkan mahasiswa dan alumni prodi gizi mampu memberikan kontribusi pada masalah gizi di Indonesia dan Aceh khususnya, seperti pada penyelesaian masalah stunting. Prof. Darmawi menyarankan kita harus secara menyuluruh menyelesaikan masalah kesehatan dengan melakukan kolaborasi berbagai bidang ilmu kesehatan, sehingga penting memasukkan kurikulum pembelajarn tentang penyelesaian kesehatan secara holistik.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Ibu Sukma Elida, SKM, M.Kes. Para peserta sangat antusias mengikuti diskusi dan berdiskusi interaktif dengan para narasumber pada sesi tanya jawab.

Rektor UTU : Prof Dr Jasman J Ma'ruf, SE, MBA. yang turut memberi sambutan dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan webinar diharapkan dapat menjadi media diskusi sebagai upaya peninjauan dan penguatan visi, misi, dan kurikulum Prodi Gizi.

Ketua Panitia Webinar sekaligus Ketua Prodi Gizi Khairunnas, DCN, M.Kes mengatakan bahwa secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Terimakasih kepada seluruh anggota panitia, narasumber dan peserta kegiatan. Mudah-mudahan kegiatan diskusi ini seperti semakin membudaya di kalangan masyarakat kita di masa mendatang. (*)

Lainnya :